Warga Di Negara Ini Makan Makanan Dari Lumpur Untuk Bertahan Hidup

Warga Di Negara Ini Makan Makanan Dari Lumpur Untuk Bertahan Hidup

Pernahkah anda mendengar makanan yang terbuat dari tanah liat atau lumpur?? rasanya sebagaian orang tidak pernah mendengarnya atau tidak mempercayainya.
Tapi makanan yang terbuat dari lumpur memang ada, seperti di negara Haiti, mereka memanfaatkan lumpur untuk dijadikan bahan makanan sehari-hari demi memenuhi kebutuhan hidup.

Mereka melakukan hal tersebut kerana warga Haiti terbelit kemiskinan. Haiti terletak di kepualuan Karibia yang bahan pangannya sangat tergantung pada negara Amerika, sehingga makanan  hanya bisa dijangkau oleh sebagian besar penduduk. 

makanan yang terbuat dari lumpur
Kue yang terbuat dari lumpur

Sampai sekarang, dibeberapa pulau dan perkampungan dI Haiti kabarnya masih mengonsumsi kue yang terbuat dari tanah  atau lumpur tersebut, seperti di perkampungan kumuh Cite Soleil, Haiti.

Cite Soleil, salah satu wilayah kumuh di Haiti yang merupakan pusat industri kue lumpur ini. Masyarakatnya mencari nafkah dengan membuat dan menjual makanan yang dianggap kotor ini.

Lumpur telah lama dikenal oleh masyarakat Haiti sebagai antisida dan sumber kalsium. Tapi saat ini, sebagian besar keluarga yang tinggal didaerah kumuh mulai membuat kue berbahan lumpur, garam dan minyak sayur menjadi makanan sehari-hari.

Tapi ternyata, tidak hanya di Haiti saja ada kue yang terbuat dari lumpur, di Indonesia juga ada loh, seperti di daerah Tuban dan Brebes, kerupuk Ampo namanya.Sepintas terlihat seperti choco stik.

Kue ampo khas tuban merupakan makanan yang terbuat dari tanah

kue yang dibuat dari tanah dari tuban


Masyarakat Tuban percaya bahwa ampo dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.

Comments

Popular posts from this blog

Pantaskah Anggota DPR RI Dapil Aceh di Senayan Ditertawakan ? PANTAS !!!

Orang Aceh dan Warung Kopi