Sejarah Singkat Peperangan di Aceh

Sejarah Peperangan di Aceh.

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki semangat patriotisme yang sangat tinggi. Semangat patriotisme masyarakat Aceh dengan menghadang segala upaya penguasaan teritorial Nusantara oleh kaum penjajah di selat Malaka  memperlambat proses penjajahan Barat terhadap Indonesia khususnya di wilayah Aceh. Aceh berdiri dibarisan paling depan dari pembebasanNusantara dari penjajah Belanda

Dalam Proses pendirian Republik Indonesia, Aceh  berperan bagaikan "Kepala" bagi Indonesia. Sikap nasionalisme dan patriotisme ditunjukkan oleh kelompok masyarakat dalam membela tanah air, mulai dari penyebaran informasi kemerdekaan Republik Imdonesia via Radio Rimba Raya di dataran Tinggi Gayo.

Radio Rimba Raya
Tidak hanya itu jasa Aceh Untuk Inonesia, Aceh juga menyumbang asetnya untuk indonesia dalam pembelian pesawat RI-001 dan RI-002 Seulawah agar kegiatan diplomasi luar Negeri Indonesia berjalan dengan lancar. Begitulah bukti cinta Aceh kepada Indonesia, berbagai pengerobanan juga sudah dilakukan aceh untuk Indonesia dan sudah seharusnya juga Provinsi Aceh mendapat tempat khusus dalam naungan NKRI.

Pesawat Pertama Indonesia
Tetapi nyatanya perlakuan yang di terima oleh Aceh pada zama Orde Lama dan Orde Baru sangatlah tidak adil. Hal ini menimbulkan kemarahan dari masyarakat Aceh yang ditandai dengan Munculnya "Aceh Merdeka" pada Tahun 1976 hingga Tahun 2005. Kurang lebih 50 Tahun Nanggroe Aceh bergejolak dalam perang dan efek dari perang pembangunan Aceh pun terlambat. Belum lagi trauma yang di alami oleh Masyakat Aceh karena Kekerasan, pembunuhan, penghilangan orang, dan kekerasan seksual yang disebabkan oleh Tentara Indonesia. Tercatat sebanyak 10.000 lebih korban jiwa berjatuhan baik dari kalangan GAM dan TNI, dan sebagian besar yang tewas adalah masyarakat sipil yang tidak berdosa.
Dan akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 2005 pihak GAM dan Indonesia bersepakat mengakhiri Pertikaian melalui penandatanganan MoU Helsinki. Kedua pihak sepakat berdamai karena gelombang Tsunami dan gempa yang dahsyat mengguncang Aceh. Aceh pun kini kembali memiliki Asa dalam menatap masa depan yang cerah di bawah naungan NKRI.

Comments

Popular posts from this blog

Pantaskah Anggota DPR RI Dapil Aceh di Senayan Ditertawakan ? PANTAS !!!

Orang Aceh dan Warung Kopi

Warga Di Negara Ini Makan Makanan Dari Lumpur Untuk Bertahan Hidup